From Bandung With Happiness

Bestie Trip To BDG

Akhir tahun lalu, gue dan 2 teman gue merencanakan melakukan perjalanan untuk menyambut tahun baru, muka-muka para pekerja yang butuh hiburan dan liburan. Plan dan akhirnya di tentukanlah kalau Bandung adalah destinasi kita.

Ga terlalu jauh, tapi bukan jauhnya yang pengen kita ambil. Tapi kebersamaan dan pencarian kebahagian di akhir dan awal tahun.

Perjalanan kita di mulai tanggal 30 Desember 2017, gue ga perlu ngasih tahu ribetnya 2 temen gue dalam menentukan tiket perjalanan dan juga penginapan. Karena gue tahu mereka sangat, so I think let they make a decision and me just wait the final. Setelah dapat penginapan dan tiket untuk PP, maka berangkatlah kita ke Bandung, kota yang di disebut Kota kembang dengan menggunakan kereta.

Kereta kami berangkat dari Stasiun Gambir jam 11.30 Siang, maka dari jam 9 pagi kami sudah meeting point di tempat yang di tentukan dan berjalan dengan menggunakan mobil ke Gambir. As usual, gue selalu datang pertama jika melakukan pertemuan, padahal itu udah telat 15 menit loh, gue jalan dari rumah.  (Sucks  I hate wait and being waited), oke all is well. Kira-kira 10 menit satu temen gue dateng, Alhamdulillah nunggunya bukan di halte lagi tapi di dalam mobil, AC sih cumaaa kondisi badan gue kan lagi kurang fit nih, so rada-rada puyeng, rada-rada mual, pokoknya memang kurang sehat. Tapi gue bawa tiduran aja.  Kurang lebih nunggu 10 menit, temen gue yang satunya lagi dateng, formasi lengkap, jam menunjukan jam 10.00 dan kita akhirnya berangkat ke Gambir.

Jalanan Jakarta cukup lengang, perjalanan dari Ciputat ke Gambir hanya membutuhkan waktu 1 jam. Jadi sekitar jam 11an sudah sampai gambir, Check In dan kereta Argo Pahrayangannyapun baru aja tiba, jadi kita ga terlalu lama nunggunya.  Setelah miss Singapooh beli makan siang, kitapun masuk. Namanya cewek ga lepas donk dengan Insta story dan Foto, so kita minta tolong security untuk mengabadikan moment, eh muka security itu asem banget. Yah mungkin salah kita juga kali ya, yang terlalu alay, minta foto. Tapi yaah jangan asem gitu atuuh mukanya.

And Taraaaaa, kami menemukan gerbong kami. Yah cukup nyaman, namanya kelas bisnis ya. Posisi duduk gue deket banget sama AC, jadi dengan wajah memelas gue minta pindah tempat duduk sama si pere. Kereta on time, di berangkat sesuai dengan jadwal, 11.30 kereta mulai melaju meninggalkan gambir. So our journey start here

Di sepanjang perjalanan ada aja yang kita obrolin, dari mulai si oppa, apa aja yang pengen kita lakuin di Bandung, gossip de el el. Sampai kereta sudah melewati Bekasi, gue bilang “gue turun yee”dan 2 temen gue langsung koor ciyeeein “yang mertuanya di Bekasi”. Di perjalanan selama di bandung, gue banyak tidur sama ngemil. Badan masih ga enak banget soalnya. Tapi Bismillah kalau di banyakin istirahatnya ga bakal parah banget meriangnya.

Ketika kereta sudah melewati stasiun Purwakarta, kita di suguhin sama pemandangan sawah dan deretan gunung, so Beautiful, akhirnya mata ini ngeliat yang ijo ijo seger. Apalagi sawahnya tuh lagi ijo-ijonya. Rasanya pengen banget turun terus foto-foto.

Jam 3 lewat kita udah sampai staisun Bandung. Alhamdulillah, badan gue udah agak enakan. Dan setibanya kita hujan mulai perlahan turun. Berkah sekali. Ga mau ambil pusing, kita naik taksi aja. Well sebenernya kalau dilihat dari Maps jarak antara stasiun ke hotel yang sudah kita booked itu tidak terlalu jauh, tapiiii entah kenapa si supir Taksinya rese, dia kaya ga tau letak hotel kita dan kit adi bawa muter ke Dago atas. Which is argonya jadi gede donk. But well, ga papa lah ya, beramal sedikit di bandung.

Sesampainya di Hotel yah penilaian gue adalah 8 dari 10. Datang kita udah di sambut dengan receptionist, ga perlu di ribetin kita bilang undah booking dan info nama pembooking, mereka udah ngasih kunci, walaupun dari luar ga se wah hotel bintang 3 lainnya, but ruangannya cukup bersih, walaupun selimut dan seprainya ga seputih yang gue bayangkan. Tapi overall gue nyaman.

Bersih-bersih, sekitar jam 5an mulai jalan lagi, cari makan. Perut lapar euy, I know jalan dengan 3 kepala itu banyak maunya, jadilah gue disini sebagai followers dan pencari jalan tengah dengan BM kedua temen gue. setelah bingung menentukan, gue info aja hasil browsing-an.

“guys, eat boss aja yuk, deket hotel murah lagi. Nasgor aja harganya 15k, ga kaya di resto lainnya yang 35k, ada ramen, ada pizza, ayam goreng”

And then mereka ikut apa yang gue info.

Sebenernya kalau mau jalan jarak hotel Karmila dengan Eat Boss itu sekitar 300 meter, tapi karena lelah kita naik angkot aja. Sesampainya di eat boss, kita pilih tempat, awalnya mau di non smoking tapi gerah euy, alhasil kita pilih yang indoor aja. Well suasananya asyik sih, ada berapa spot yang menurut gue instagramable untuk di foto. Pas liat menunya juga sama persis dengan apa yang gue browsing.

Karena belum makan nasi gue pilih menu nasi goreng, yang lain juga sama. Hanya berbeda jenisnya, sip ere dan miss singapooh nasi goreng matah, gue nasi goreng kampong. Minumnya teh anget dan air mineral. Sedangkan 2 temen gue pilihanya adalah es teh leci dan es teh. Untuk nasi goreng matahnya recommended, enaaak. Cuma zoonk di nasi goreng kampungnya. Well terlalu banyak kecap, dan minyaknya pun bau amis. Gue Cuma makan sedikit doank.

Makan nasi goreng buat perut gue mendadak ga enak, selepas makan di eat boss, 2 temen gue berniat untuk ngopi-ngopi cantik, well klo gue sih lebih pengen nyari spot foto. Tapi yaudahlah y ague ikutan aja BM-nya mereka, jalan lah kita serunya malam itu ada gladi resik untuk acara tahun baru kayaknya. Seruu lagu yang lagi di nyanyiin Bento. Sempet fotolah kita dengan latar belakang panggungnya.

Jalan

Ga nemuin tempat yang oke, sampai akhirnya starbuck juga yang di pesen. Well gue bukan tipikal anak starbuck ya, harganya mahal, rasanya sama aja. Lagipula maag gue ga bisa kompromi sama kopi, jadi tuh 2 anak aja yang ngebucks.

Dari muka gue keliatan asem banget, capeeek guys, walaupun di kereta banyak tidur, tapi aku butuh kasur. Jam 10an klo ga salah kita baru nyampe ke hotel. Di Hotel, solat Isya and then gue tidur. Parah pelor kali gue, dan lagi gue dapet bagian kasur yang sedikit sekali. Hiks sediiih

Subuh gue bangun karena pengen pipis, gue udah prepare air putih supaya bisa BAB ternyata pagi ini perut bermasalah sehingga ga bisa BAB, akhirnya Cuma mandi terus solat subuh. Pagi itu kita berencana untuk ke jalan Braga untuk cari spot foto, Farm House untuk nyobain susu yang katanya seger dan makan di KarnivO12 (karnivor). Di Baraga Cuma sampe jam 8.30 aja, abis itu cus ke Farm House, Well semua berjalan lancar sampai kebeteanpun dimulai saat perjalanan menuju lembang, My GOD traffic jam, perjalanan dari jalan Braga ke Farm House itu hanya sekitar 18 km, dan bisa ditempuh 30-45 menit, tapiiiii kemarin saya harus menempuh hampir 2 jam lah untuk sampai disini. Jam 10 lewat hampir mau jam 11an sampe.

Sesampainya di Farm House kebetean makin menjadi, ya Allah lautan orang. Means gue kan paling ga suka kalau jalan-jalan itu rame banget orang, dan ini parah, sampai spot foto tuh kayaknya ga bagus banget menurut gue. kandang kambing, kelinci, domba kayaknya di Jakartapun banyak, ga perlu jauh-jauh kesini. Dan pendapat gue, gue gagal menikmati Farm House.  Cuma 15 menit aja disana, karena riweuh dengan banyaknya orang.

Pulang kita beralih dari Go Car ke Go Jek, dan Alhamdulillah perjalanan cukup lancaar tapi tidak sampai jalan Cihampeulas, macet dan untung abang gojek gue sigap luar biasa, dia belok sana belok sini untuk menghindari kemacetan bahkan sampai blusuk ke jalan-jalan kecil, sampai gue bilang

“mamang jago ih hapal jalanan”

Eh jawaban dia ngebuat gue sedikit ngeri “yah coba-coba aja neng, nanti juga ada tembusannya”

BYARRRR

Yahh jalan-jalan cari jalannya sama gue si mamang tukang ojek ini.

Pas sekitar jam 12an lewat, gue sampai Karnivor, tempat makan bergaya hutan. Ketika sampai di sana kita di sambut dengan pelayan yang menggunakan baju ala-ala Steve Irwin berwarna coklat. Interior dari restoran ini bergaya hutan dengan banyak aksen kayu dan daun. Well untuk tempat gue kasih 3,5 kenapa 3 karena ruangan non smokingnya sedikit banget, kebanyakan yang smoking area, jadi kurang nyaman kalau lama-lama bagi gue yang alergi banget sama asap rokok.

Gue solat zuhur sambil nunggu pesanan gue, kebanyakan menu disana itu ya daging alias steak, itu daging gede banget harganya 200k, dan puas dimakan berdua. Tapi gue litany aja udah kenyang duluan. Untuk saus gue pilih mushroom bosan dengan barbeque yang asam manis. Ternyata mushroom sausenya agak creamy, tapi untung ga ngebuat eneg.

Kita disana sampai jam 2an, terus sip ere masih mau kulineran lagi, dipilihlah warung mie ayam yang katanya sih enak di daerah dekat masjid agung Bandung. (kira-kira kalian tau?) sebelum makan, sempetin solat ashar di masjid agung, aduh maaf-maaf sekali lagi mungkin karena terlalu ramai masjid jadi keliatan jorok, banyak sampah dan jalan menuju tempat wudhu-pun kotor.  Bagian depan masjid banyak keluarga yang duduk sambil makan (T.T) bahkan kita agak susah untuk keluar masjid ketika waktu ashar sudah lewat.

Keluar masjid hujan mulai rintik-rintik, gue sama si pere mulai lari-larian kecil menuju warung mie tersebut. Gue udah kenyang, dan ngeliat sepinya warung gue ga berminat untuk memesan, walaupun miss singapooh bilang mienya enak. Si pere pun mesen 1 porsi, datanglah mie tersebut. Gue lihat penampakannya kaya mie ayam biasa, bahkan ayamnya sedikit dengan potongan yang kecil. Kuah kebanyakan daun seledrinya. Biasanya kan daun bawang.

Oke gue ga terlalu kaget dengan rasa yang biasa aja, tapi dengan rasa yang menurut gue biasa aja, pas kita mau bayar. Well 2 porsi mie ayam harganya hampir 100k loh, 98ribu aja. Gue antara sedih sama mau ketawa ngakak. (DILEMA)

Lupakan soal mie ayam mahal itu, kita kembali ke hotel, karena perut gue mulai ga enak. Sebelum balik gue sempetin untuk beli siomay dulu sementara si pere dan miss singapooh ke supermarket untuk beli pembalut.  Sebelum makan, karena sepi gue sempetin untuk mandi buru-buru, terus istirahat. Ya Allah rasanya enak banget badan ketemu kasur.

Gue pun ketiduran sampe magrib, bada magrib, gue merasa badan gue masih kurang enak, akhirnya guepun kembali tertidur. Bangun-bangun jam 8an, antara kaget atau apa, gue langsung bangun and solat Isya, eh abis solat Isya badan gue mulai anget, muka gue pucet, kepala rada-rada nyut-nyut-an. Dan gue memutuskan untuk tidak pergi menikmati malam pergantian tahun di gedung sate.

Awalnya emang berat, hiks masa ngelewatin malam tahun baru sendiri di kamar, tapi gue ambil hikmah dari itu. gue jadi lebih hemat karena bisa makan nasi plus sate dengan harga 15k aja, kenyang, dapet kue tambahan dari hotel plus wedang jahe, and istirahat.

Kesehatan lebih mahal euy

Dua temen gue menikmati malam tahun baruan, dan gue tidur. Happy New Year dalam mimpi. Hehehe, sekitar jam 12an lewat 2 temen gue udah balik, dengan bando lampu warna Pink, it so Shocked my eyes. hehehe

Gue cek wa ada ucapan happy new year dari oppa, seneeeng. Setelah kedua temen gue bersih bersih, saatnya tukeran kado. Karena bertiga doank, peluangnya Cuma 2 kan, dapet punya si Pere atau Miss Songapooh. Dan the result came in, gue dapet punya Miss Singapooh, Pere puny ague, Miss Singappoh punya Pere.

So what we got

Gue tas Make up warna biru telur asin

Miss Singapooh dapet kaos kaki

Si Pere dapet bantal kepala motif jerapah,

Dan karena bantal tsb, temen gue itu rada PA. dia pikir itu untuk berenang, so puaslah kita ngakak karena tingak gilanya yang bergaya bak orang lagi di pantai berenang pake bantal leher itu.  Jam menunjukan jam 2, its time to sleep. Tidur pertama di awal tahun. Hehehe

Yahhh syediiih kalau bilang ini adalah hari terakhir kit adi Bandung, rasanya belum puas jelajahinnya.  Kita dapet kereta balik jam 2 siang, karena ga mau telat, so kita putusin ga terlalu banyak jalan-jalan, Cuma beli oleh-oleh aja, sambil kongkow di cafĂ© nunggu jam 2. Akhirnya kita ke Kartika Sari yang awalnya pengen nongkrong di Angkringan dago, tapi belum buka. Nyampe di Kartika Sari, subhanallah itu rame amat ya, padahal ya makanan yang di jual bisa kita beli di luar Bandung. So, gue hanya memilih makanan kaya seblak koin yang rasa kerupuknya tuh enaaak, tempe untuk oppa, bagelen untuk bokap. Abis itu balik lagi ke eat boss untuk nyobain ramennya. Pengennya sih kuat tom yam, Cuma ternyata belum ready, yaudah akhirnya pesen curry.

Abiz zuhur kita cabs ke stasiun, dan kita ber wow ria karena kereta pulang lebih kece ketimbang kereta berangkat. Pas dilihat ternyata emang premium. Huwaaa thanks pereee. Tapi yang ga enak adalah bangku kita misah, gue dan sip ere di bangku no 9 sedangkan si Miss Singapooh di 11. Untungnya penumpang yang duduknya di bangku 12 adalah pasangan, dan gue minta untuk pindah, merekapun mau (Alhamdulillah, so kita ga kepisah). Perjalanan lumayan nyaman karena keretanyapun enak banget. Tapi tiba-tiba, pas gue lagi enak-enaknya tidur, ada suara bising banget. Suara emak-emak sama tayangan video gitu. Gue akhirnya kebangun, dan ngeliat ada ibu-ibu yang duduk di bangku Miss Singapooh, tas gedenya dia taro di bawah dan ganggu banget buat kaki. Terus entah cucu atau anaknya nyetel video volumenya maksimal abis, ga ngerti kalau dalam kereta itu ga hanya mereka aja.

Yah disabar-sabarin deh perjalanan dari Cimahi ke Jakarta dengan kebisingan mereka. Pada awalnya gue pengen banget nyampe rumah itu sebelum magrib, sepertinya bisa klo turun di manggarai dan langsung cabut ke tanah abang. Tapi nyatanya kereta ga berenti di manggarai, mereka berenti di Jatinegara. Tau gitu gue turun Jatinegara aja. Yah Tuhan berkehendak lain, kita memang harus bersama, gue males makan sebenernya, karena lebih pengen makan bakso atau soto di rumah, pertama karena harga lebih bersahabat,  kedua at least gue bisa mandi dulu baru makan.

Niat awal makan adalah nyari nasi padang, tapi ketika kita cari-cari di stasiun gam bir, kita menemukan nasi padang bukan dengan merk yang biasa kita jumpai, harganya lumayan 21k untuk lauk telor, 29k untuk lauk non telor. Lumayan mahal kan? melihat tempat makan yang sepi dan bau masakan yang engga ada aroma-aroma padangnya membuat kita urung makan disana, dan akhirnya pilihan jatuh ke KFC. Gue mesen cream sup aja, karena bosa makan ayam.

Selesai makan gue udah bilang ke pere kalau musholla di stasiun gambir lagi di renovasi dan mengharuskan untuk sholat di luar, sementara kondisi mushola di luar yang kecil dengan jumlah jamaahnya banyak ga memungkinkan kita untuk sholat. Finally kita lebih memilih untuk langsung ke tanah abang saja, dan memburu sholat di stasiun tanah abang.

Alhamdulilah gue sampai tanah abang sebelum waktu Isya, jadi sempet magriban dulu. Setelah drama mencar karena gojeknya mis singapooh belakangan kita akhirnya ketemu di peron kereta. Di kereta gue udeh lemes banget.

Dan sekitar jam 8an gue nyampe rumah dengan selamat, langsung makan bakso yang syegeer dengan kuah ga terlalu pedas tapi gue buat sedikiti asam, dan itu nikmaaat banget.  Alhamdulillah cerita gue dan temen-temen gue ke Bandung berakhir. Kita plan untuk next trip kita selanjutnya adalah Malang.